xyz

xyz
xyz

Rabu, 31 Oktober 2007

Cerpen yang Aneh (Tugas Komputer)

Suatu hari, Eric pergi ke rumah Iman. Iman menyuruhnya datang karena komputer Iman sedang bermasalah, Iman ingin meminta tolong kepada Eric yang merupakan pakar komputer di SMA 1. Sebenarnya Eric enggan pergi ke rumah Iman, karena ia ingin bermain “Ragnarok online” di warnet.

“Huh!!!!Si Iman buat orang repot aja!!!”,keluh Eric,”Padahal kan, gue mau pergi maen game.”

“Jangan bilang begitu dong Ric, masa teman lagi kesulitan loe kagak mau nolongin sih???”,kata Iman yang tiba-tiba muncul.

Eric pun terkejut,”Wuih!!! Kaget gue. Ngapaen sih loe ngageti orang???”

“Sori deh, gue uda kagak sabar nih!!Ayo masuk...”,kata Iman sambil menundukkan kepalanya memohon maaf pada Eric.

Setelah itu, merekapun masuk ke dalam kamar Iman. Baik Eric maupun Iman terlihat sangat terburu-buru. Iman meginginkan agar komputernya segera kembali normal, dan Eric tentu saja karena ia ingin segera bermain game.

“Gimana Ric?? Komputer gue kenape? Loe bisa perbaiki kagak?? Tau ga, dari kemaren gue kagak bisa tidur mikirin tu komputer.”,kata Iman dengan wajah pucat.

“Wah. Ini sih bukan masalah besar. Komputer loe terinfeksi virus.”,kata Eric.

“HAH!!? Berarti komputer gue lagi flu donk? Ternyata emang bukan masalah besar. Kan tinggal dikasih bodrex biar sembuh.”,kata iman lega.

“Walah... loe bego amat y!? Ni bukan virus influenza, ini mah namanya virus komputer.”,kata Eric sambil tersenyum.

“Virus komputer itu apa sih??”,tanya Iman bingung.

“Gue jelasin y?! Gini, virus komputer merupakan Program yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali...”,kata Eric.

“Tuh kan, karena mirip dengan virus biologis, berarti isa diobati dengan obat flu dong!?”,kata Iman.

“Gk seperti itu, walaupun mirip tapi tak sama.”,kata Eric.

“OOO.. Gitu to.”

“Nih gue lanjutin ya... Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Servicepack 1, Windows XP Servicepack 2) bahkan GNU/Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah perbanyakan dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistim operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System...”,Kata Eric panjang lebar.

“???, Gue kagak ngerti, apa sih sistem operasi itu?”,Tanya Iman.

“Sistem Operasi itu, ya windows yang loe pake sekarang. Yang loe pake sekarang adalah windows xp sp2.Namun, masih banyak lagi contoh-contoh sistem operasi seperti yang gue sebut tadi.”,kata Eric.

“OOOO.... Tunggu, kalo gitu napa kita semua kagak pake Linux dan Mac aja?”,tanya Iman lagi.

“Kalo gue sih, soalnya yang banyak pilihan gamenya Cuma windows doank.”,kata Eric.

“OOO... Kalo gitu emang lebih baik Windows.”,kata Iman lagi.

“Ok d, gue lanjutin lagi nih, jangan dipotong lagi ya!!?”,kata Eric tak sabar.

“Dipotong??? Gue kan kagak bawa pisau..”,potong Iman.

“Uda d, loe dengar aja. Loe mau tau gk cara mengobati komputer dari virus?”kata Eric.

Iman pun mengganggukan kepalanya tanda setuju.

“Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut.jadi loe harus sering-sering mengudate antivirus Loe.”,lanjut Eric.

“OOO. Gitu. Iya deh, makasih ya, berkat loe komputer gue baik lagi nih, selain tu, gue juga dapat ilmu nih.”,Kata Iman.

“Sama-sama, sebenarnya ini adalah pengetahuan dasar yang sangat diperlukan di era globalisasi ini, jadi sudah banyak orang yang tau. Gue heran kenape loe kagak tau. Ini berarti otak loe tuh kosong melompong, mikirin cewe mulu sih!!”,kata Eric meremehkan.

“Sialan loe. Btw, loe kagak pergi maen game? Sebentar lagi warnet tutup tuh!!”,kata Iman.

“Wah, iya nih, loe harus ganti rugi nih!”kata eric.

“Enak aja, WEEEEEEEEEEEEEEEE.... :p”,kata Iman sebelum Eric pulang.

Nah, teman-teman, di era globalisasi ini, pengetahuan mengenai teknologi sangat dibutuhkan.bahkan anak SD sekalipun sudah mengerti sedikit banyak mengenai teknologi. Apakah anda ingin menjadi seperti Iman yang pengetahuannya sempit sehingga ketika komputernya mengalami masalah ia harus meminta bantuan kesana kemari? Ataukah anda ingin menjadi seperti Eric yang memiliki pengetahuan luas mengenai teknologi dan dapat membantu teman-temannya yang kesulitan? Saya yakin kita semua ingin seperti Eric, maka dari itu marilah kita semua perluas pengetahuan kita mengenai teknologi.

Tidak ada komentar: